Awan Alto Cumu「Online sports betting sites」lus: Pengertian, Jenis, Ciri dan Proses Terbentuknya

  • 时间:
  • 浏览:0

Awan ini meruOnline sporOnline sports betting sitests betting sitespakan jenis awan alto cumulus yang paling umum. Awan ini terlihat seperti menggembung dengan bagian dasar yang datar dan rapat. Biasanya ditemui dalam bentuk mengelompok dan jumlahnya sedikit, tetapi bisa meluas ke seluruh area langit.

Dikutip dari situs University of Illinois Urbana-Online sports betting sitesOnline sports betting sitesChampaign, proses ilmiah terbentuknya awan alto cumulus diawali dengan naiknya air di ketinggian sedang. Hal ini diikuti dengan kondesasi (perubahan uap air) yang tidak stabil.

Walaupun alto berarti tinggi, namun kini kelompok awan alto dikategorikan dalam jenis awan ketinggian sedang. Contohnya Alto Cumulus.

Baca juga: Mengapa Hujan Deras Selalu Diikuti Awan Mendung dan Petir?

Awan Alto Cumulus memiliki empat jenis awan, yakni:

Awan alto cumulus lenticularis berbentuk seperti lensa dengan massa awan tipis yang terpisah. Awan ini biasanya terbentuk di atas daerah perbukitan.

Kondesasi yang tidak stabil ini diakibatkan oleh udara yang terangkat secara bertahap. Setelah terjadi kondesasi tersebut, awan mulai terbentuk dengan susunan lapisan yang beragam. Awannya pun berwarna putih keabuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Alto Cumulus floccus sering terlihat di samping Alto Cumulus castellanus. Ukuran awannya lebih kecil dan tidak beraturan. Awan ini sering ditemukan bergantung di bagian bawah awan virga (jalur prespitasi curah hujan).

Baca juga: Awan: Pengertian, Jenis, dan Proses Terbentuknya

Awan alto cumulus biasanya berwarna putih atau agak sedikit kelabu. Awan ini terdiri atas berbagai unsur yang memiliki bentuk bulatan pipih.

KOMPAS.com – Awan Alto Cumulus termasuk dalam jenis awan dengan ketinggian sedang. Proses terbentuknya setiap awan berbeda, karena dipengaruhi kondisi atmosfer.

Awan alto cumulus bisa terbentuk melalui tiga hal:

Awan Alto Cumulus memiliki enam ciri utama, yaitu:

Awan ini menjulang tinggi ke atas, terlihat seperti tembok atau kastil. Ukuran tingginya lebih dominan dibanding lebarnya, sehingga terlihat membengkak. Awan Alto Cumulus castellanus dapat menjadi penyebab pembentukan badai petir cumulonimbus.

Awan Alto Cumulus terdiri dari campuran es dan air. jika dilihat, awan ini memiliki bentuk yang lebih halus, dibandingkan awan cumulus jenis lainnya.

Menurut Sue Nicholson dalam buku Intisari Ilmu Cuaca (2005), awan Alto Cumulus terdiri atas dua kata, yakni alto dan cumulus. Alto berasal dari Bahasa Latin, yakni altus yang berarti tinggi. Sedangkan cumulus berarti kumpulan.

Alto cumulus lenticularis dikenal juga sebagai awan lentikular. Sekilas, awan ini menyerupai bentuk UFO sehingga sering juga disebut sebagai awan pesawat ruang angkasa.

Melansir dari Met Office: Weather and Climate Change, awan Alto Cumulus merupakan petak awan pada tingkat menengah yang berbentuk gumpalan bulat. Bentuk Alto Cumulus tidaklah selalu bulat, karena bergantung pada bentuk kemunculannya.